Pengertian Geografi

Geografi merupakan suatu ilmu pengetahuan dengan objek utamanya ialah bumi beserta segala isinya termasuk segala peristiwa atau gejala atau fenomena yang timbul akibat adanya hubungan interaksi antara berbagai unsur
fisik maupun sosial dilihat dari konteks keruangan. Berdasarkan hasil Seminar dan Lokakarya Peningkatan Kualitas Pengajaran Geografi tahun 1988, geografi adalah ilmu yang mempelajari persamaan dan perbedaan fenomena geosfera dengan sudut pandang kelingkungan atau kewilayahan dalam konteks keruangan.

Geografi bertujuan untuk memahami hal-hal yang menyangkut: penyebaran fenomena di atas permukaan bumi; hubungan antarfenomena di suatu tempat; hubungan suatu fenomena dengan fenomena di tempat lain; efek suatu fenomena pada fenomena lain; variasi suatu fenomena dari satu tempat ke tempat lain; mengapa suatu fenomena terdapat di suatu tempat, sedangkan di tempat lain tidak ada; difusi keruangan dan fenomena; lokasi dan lokalisasi suatu fenomena; akibat suatu tindakan pada suatu tempat terhadap fenomena lain di tempat lain; manfaat dan kegunaan suatu fenomena atau tindakan guna meningkatkan kesehajteraan manusia dan pembangunan.

Dalam mengkaji gejala atau peristiwa dalam ruang, geografi selalu mempergunakan konsep lokasi, hubungan timbal balik, gerakan dan perwilayahan. Sepuluh konsep esensial (dasar) geografi, yaitu konsep lokasi, jarak, keterjangkauan, pola, morfologi, aglomerasi, nilai kegunaan, interaksi dan interdependensi, diferensiasi areal, dan keterkaitan keruangan. Untuk lebih memahami dalam mengkaji ilmu geografi digunakan tiga pendekatan, yaitu pendekatan spasial (kerungan), pendekatan ekologi (lingkungan), dan pendekatan kompleks wilayah (regional) Selain konsep dan pendekatannya, juga terdapat prinsip-prinsip dasar geografi seperti prinsip persebaran, interrelasi, deskripsi, dan korologi (keruangan).
Objek geografi terbagi menjadi dua yaitu objek material adalah geosfer yang terdiri atas litosfer, hidrosfer¸ dan antroposfer dengan menekankanantroposfer sebagai makhluk yang paling berperan di dalam biosfer; dan objek formal geografi adalah cara pandang dan cara berpikir terhadap gejala yang ada di permukaan bumi, baik keadaan fisik maupun keadaan sosialnya.

Berdasarkan bidang kajiannya, geografi terbagi atas tiga cabang ilmu yaitu geografi fisik, geografi manusia, dan geografi teknik.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: