Kegiatan Orientasi

BAB I

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Calon Pegawai Negeri Sipil Daerah (CPNSD) Lingkup Pemerintah Kota Bau-Bau Tahun 2010 yang terdiri dari ± 443 orang yang akan melakukan kegiatan Pra orientasi di Wilayah Kota Bau-Bau yang dibagi menjadi 43 kelompok. Pembagian kelompok tersebut disesuaikan dengan jumlah Kelurahan yang ada di Lingkup Pemerintahan Kota Bau-Bau yang terdiri dari 43 Kelurahan yang pembagian tersebut disusun oleh Badan Kepegawaian Daerah Kota Bau-bau sebagai instansi dan pelaksana Teknis yang menangani Seleksi Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil Kota Bau-Bau.

Pelaksanaan pra orientasi di difokuskan pada Salah Satu Program Pemerintah Kota Bau-Bau yaitu “Bau-Bau menuju Kota Sehat 2010” yang merupakan salah satu fokus Perhatian Pemerintah Kota Bau-Bau untuk meningkatkan kualitas lingkungan kehidupan baik di Kelurahan maupun wilayah perkotaan dalam Agenda 21. Hal tersebut dapat dipahami mengingat pertumbuhan penduduk kota menunjukkan lonjakan yang cukup fenomenal, sementara kualitas lingkungan cenderung menurun.

Masalah-masalah perkotaan, seperti kepadatan lalu lintas, pencemaran udara, perumahan dan pelayanan masyarakat yang kurang layak, kriminal, kekerasan dan penggunaan obat-obat terlarang menjadi masalah yang digeluti oleh masyarakat perkotaan. Melihat perkembangan fakta tersebut, lingkungan fisik, sosial dan budaya perkotaan berada pada situasi yang rawan. Apabila kecenderungan tersebut tidak dikendalikan, maka ketahanan daya dukung daerah perkotaan akan lemah.

Upaya-upaya untuk meningkatkan kualitas lingkungan fisik dan sosial secara terus menerus dengan memberdayakan masyarakat perkotaan, diharapkan dapat menciptakan kondisi yang mengarah kepada pencapaian kota idaman atau kota sehat yang memberikan keamanan, kenyamanan, ketenteraman dan kesehatan bagi masyarakat perkotaan dalam menjalankan kegiatan kehidupannya.

Peserta Pra Orientasi tersebut akan melakukan kegiatan-kegiatan yang telah diprogramkan oleh peserta pra orientasi disesuaikan dengan program Pemerintah Kota Bau-Bau yang berpedoman pada penyelenggaran Kota Sehat, dimana Peserta Pra orientasi ditempatkan. Untuk mengoptimalkan kegiatan tersebut, selain membentuk pokja-pokja kota sehat disetiap kelurahan, juga melakukan sosialisasi kepada masyarakat, juga melibatkan CPNSD untuk berperan aktif melalui kegiatan pra orientasi. Para CPNSD, sebelum diterjunkan kelokasi kelurahan terlebiih dahulu diberikan pembekalan oleh dinas-dinas terkait seperti BAPPEDA, Kesehatan, Dinas Kebersihan di Kantor kecamatan bersama Lurah-Lurah, RT/RW dan ibu-Ibu PKK Se-Kecamatan Kokalukuna sehubungan dengan teknis pelaksanaan program kegiatan tersebut.

Tujuan diadakan kegiatan ini adalah untuk membekali dan menyiapkan peserta pra orientasi sebelum memasuki kegiatan pokok yaitu Kegiatan Orientasi, dimana tujuan orientasi yang sesungguhnya adalah untuk mengenalkan kepada CPNS, yang akan dipersiapkan sebagai tenaga professional, untuk lebih mengenal dan mengetahui visi, misi, program, dan strategi Pemerintah Kota Bau-Bau, serta memberikan bekal mental yang diperlukan untuk menghadapi dunia kerja penelitian dan penyuluhan.

Kami dari kelompok 32 yang terdiri dari 11 orang anggota kelompok yang ditempatkan di Kelurahan Lakologou berdasarkan hasil surevey awal menunjukkan bahwa sebagaian masyarakat yang ada dikelurahan lakologou belum menyadari pentingnya program Kota Sehat dan manfaatnya bagi masyarakat. Hal ini dilihat dari masih banyak Sampah-sampah masayrakat yang membuang sampah disembarang tempat, seperti di Lokasi pinggir pantai, di sekitar halaman rumah warga serta empat-tempat umum seperti pasar, terminal dan masih banyak lokasi-lokasi kosong yang tidak terurus.

A. Permasalahan

Berdasarkan uraian latar belakang yang telah kami kemukakan di atas, maka maka yang menjadi permasalahan dalam kegiatan ini adalah :

1. Masih Kurangnya kesadaran masyarakat tentang arti pentinganya perilaku hidup Sehat dan manfaatnya bagi masyarakat.

2. Belum tersedianya fasilitas-fasilitas tempat pembuangan sampah yang disediakan oleh pemerintah dan Dinas-dinas terkait.

B. Tujuan

a. Tujuan Umum

Tujuan di laksanakan kegiatan ini secara umum adalah tercapainya kondisi kelurahan untuk hidup dengan aman, nyaman dan sehat bagi warganya melalui upaya peningkatan kualitas lingkungan fisik, sosial dan budaya secara optimal sehingga dapat mendukung peningkatan produktifitas dan perekonomian wilayah. Sedangkan secara khusus tujuan dilaksanakan kegiatan ini adalah :

1. Bagi CPNSD

Untuk memenuhi salah satu syarat melaksanakan kegiatan orientasi mendapatkan SK 80%

Untuk membekali dan menyiapkan mentalitas serta kapasitas CPNSD

Untuk mewujudkan pembangunan dibidang kesehatan dalam hal ini mewujudkan kota sehat 2010

2. Bagi Masyarakat

Untuk melatih masyarakat tentang pentingnya hidup bersih dn sehat.

Mewujudkan masyarakat yang membudayakan kebiasaan hidup sehat.

BAB II

PROFIL KELURAHAN LAKOLOGOU

A. Gambaran umum

Kelurahan Lakologou bila ditinjau dari peta Kabupaten Buton Barada di bagian tengah pulau Buton dan terletak pada bagian selatan garis katulistiwa serta terletak pada 5˚48″ – 5˚43″ Lintang selatan dan 122˚63″ – 122˚62″ Bujur Timur. Batasan wilayah Kecamatan Lakologou yaitu sebelah utara berbatasan dengan kelurahan Lia buku Kecamatan Bungi, sebelah Timur berbatasan dengan kelurahan Liwuto, sebelah selatan berbatasan dengan Kelurahan Waruruma dan sebelah Barat Berbatasan dengan Selat Buton. Kelurahan Lakologou memiliki luas yaitu 4,99 Km² atau 52,27% dari luas Kecamatan Kokalukuna yang terdiri dari 3 rukun warga serta 8 rukun tetangga dengan Jumlah penduduk tahun 2008 Kelurahan Lakologou yakni 1.987 jiwa, dengan kepadatan penduduk sebesar 398 jiwa/km. Jumlah penduduk yang cukup besar dan terus bertambah setiap tahunnya tidak di imbangi dengan pemerataan penyebaran penduduk dan semakin tingginya tingkat kepadatan penduduk..

B. MATA PENCAHARIAN

Mata pencaharian masyarakat Kelurahan Lakologou pada umumnya adalah nelayan, petani dan pengrajin atap nipa dan sebagian bekerja sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: