perkembangan Bumi

TELESKOP
Teleskop merupakan alat paling penting dalam pengamatan astronomi (benda-benda langit)karena dia dapat memperbesar ribuan hingga jutaan kali benda-benda langit yang jauh hingga menjadi tampak besar. Jenisnya ada berbagai macam: teleskop transit, teleskop monokuler dan teleskop binokuler. Perbedaan ibi berdasarkan fungsi dan jenis lensa yang dipakai.

MENGENAL TELESKOP

Galileo Galilei (1564-1642) diakui sebagai orang yang pertama menemukan dan menggunakannya. Teleskop buatnya sangat sederhana hanya memiliki rentang panjang gelombang. Meski demikian, Galilei telah mampu melihat Venus dan bulan purnama secara jelas dengan teleskopnya itu. Teleskop Galileo terus disempurnakan oleh ilmuwan lain seperti Christian Huygens (1629-1695) yang menemukan Titan, Satelit Saturnus, yang berada hampir dua kali jarak orbit Bumi Yupiter.

Pada dekade tahun 1940-an, pertama kali teleskop mengalami penyempurnaan. Carakerjany meliputi seluruh spektrum elektromagnetik. Akhirnya pada tahun 1960, untuk pertama kalinya, telskop diletakan disebuat pesawat luar angkasa. Hal ini seiring semakin pesatnya penjelajahan angkasa.

SIRAKSASA HUBBLE

Fakta Hubble

  • Ketebalan mencapai 13,1 meter dengan diameter 4,27 meter dan berat 11.000 kilogram
  • Ukuran hubble hampir sama dengan ukuran bus sekolah
  • Lensa primer berdiameter 2,4 meter dengan berat 826 kilogram.
  • Lensa itu terbuat dari kaca silika yang dilapisi alumunium murni tipis untuk merefleksikan cahaya
  • Lensa juga di lapisi magnesium fluorida yang berguna mencegah dan sinar ultra violet dari matahari agar tidak cepat rusak.
Hubble merupakan teleskop angkasa pertama di dunia. Hubble diletakan pada pesawat luar angkasa Challenger milik Amerika Serikat yang berada di orbit bumi pada tahun 1986. nama Hubble diambil dari nama penemunya, Edwin Hubble

Beberapa tahun setelah dioperasikan, Hubble mengirim gambar buram dan tidak jelas. Pada akhirnya Nasa menemukan bahwa lensa pada teleskop tersebut bergeser sebanyak 1/50 ketebalan rambut. Manusia. Pada Desember 1993, Pesawat Endeavor, dikirim untuk memodivikasi Hubble dengan menambahkan kamera baru untuk memperbaiki keslahan pada lensa primernya.

Hubble sangat berjasa bagi para ilmuwan dalam observasi Jagat raya, Hubble telah berjasa menemukan Xena, planet ke 10 beserta Gabrielle, satelitnya. Termasuk pengiriman peristiwa-peristiwa menakjubkan luar angkasa seperti Supernova, lahirnya Bintang dan tabrakan bintang.

Pada Oktober 1997, Nasa memutuskan untuk memperpanjang pengoperasian Hubble hingga tahun 2010. Hubble nantinya akan digantikan dengan teleskop James Webb.

Cara Kerja Hubble

Pertama Hubble menangkap gambar atau objek, setelah diterima Teleskop, gambar tersbut akan diubah menjadi kode digital dan diradiasikan ke bumi dengan menggunakan antena yang memiliki kemampuan mengirimkan data satu juta bit perdetik.Setelah kode digital di terima oleh stasiun di bumi, kode itu akan diubah ke foto dan spektograf, yakni sebuah instrumen yang digunakan untuk mencatat spektrum cahaya astronomis, teleskop ini bisa berjalan 5 mil perdetik. Hubble dapat berkeliling lebih dari 150 juta mil per tahun atau lebih kurang 241 juta km.Sumber:koran Jakarta

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: